Sabtu, 25 Juni 2022

AKSI NYATA MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN SEBAGAI PEMIMPIN PEMBELAJARAN

 


Created By: Rizki Hernanda Hernanda, S.Pd.

Social Teachers SMP Islam Al-Azhar Cairo Palembang

Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kota Palembang


PERISTIWA (Fact)

Latar Belakang Situasi yang Dihadapi


     Adapun latar belakang situasi yang dihadapi yaitu ada perbedaan kemampuan murid dalam menyerap pembelajaran, dan juga perbedaan lainnya antara lain karakteristik, pola atau gaya belajar serta kondisi keluarga murid masing-masing. Selain itu juga kondisi pandemi yang menyebabkan murid dalam mengimbangi proses pembelajaran sehingga seringkali tertinggal dengan teman-teman sekelasnya. Hal ini kemudian berdampak pada hasil belajar akhir semester murid yang menimbulkan kegalauan yang cukup mendalam bagi guru mata pelajaran atau wali pada saat pengolahan nilai rapor semester. Dilema guru pada saat pengisian nilai rapor bagi murid yang nilainya bermasalah tentu telah menjadi problem klasik yang sering dialami oeh guru. Namun seringkali guru mengambil keputusan atau kebijakan secara sepihak tanpa memperimbangkan banyak hal terutama pertimbangan latar belakang murid. Selain itu kebijakan sekolah juga sering kali mendominasi pertimbangan guru dalam mengambil keputusan untuk menaikkan atau tidak murid ke kelas berikutnya.


Alasan Melakukan Aksi Nyata “Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran”

     Alasan yang melatarbelakangi Aksi Nyata Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran adalah adanya Dilema Etika yang dialami guru mata pelajaran atau wali kelas pada saat pengolahan nilai rapor akhir semester kenaikan kelas. Dilema etika tersebut dikategorikan adanya nilai-nilai yang berlawanan yaitu rasa keadilan lawan rasa kasihan, maksudnya disini ada prinsip keadilan pada aturan sekolah bahwa sajanya setiap murid harus diperlakukan adil dalam pemberian nilai rapor sesuai hasil belajar masing-masing berlawanan dengan rasa kasihan guru terhadap kondisi murid apabila murid yang mengalami masalah nilai rapor tersebut diputuskan begitu saja yakni tidak dinaikkan kelas berikutnya. Adapun hal yang menjadi pertimbangan guru adalah kondisi psikologis murid jika tidak dinaikkan, sementara guru tidak mengetahui secara detail latar belakang murid tersebut, terlebih lagi murid tersebut sebenarnya telah berusaha belajar namun ia belum dapat mengimbangi kemampuannya dalam menyerap ilmu dari guru dengan kemampuan teman-teman sekelasnya. Oleh karena itu sangat penting bagi guru untuk lebih bijak mengambil keputusan yaitu melalui prinsip dan melakukan 9 langkah pengujian dalam pengambilan keputusan.




Hasil Aksi Nyata yang Dilakukan
    Adapun hasil nyata yang diperoleh melalui pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yang berpihak pada murid antara lain,  yaitu menghasilkan keputusan atau kebijakan menaikkan murid yang bermasalah dalam nilai rapor dengan memberikan tantangan edukasi yakni pembelajaran tambahan selama liburan sekolah. Tantangan edukasi ini dilakukan dengan berkerjasama antara wali kelas bersama wali murid. Selain itu aksi nyata ini juga memberikan pemahaman baru bagi rekan sejawat untuk lebih bijak dalam mengambil keputusan terutama yang berkaitan dengan murid. Maka disini melalui kegiatan dialog serta diskusi rekan guru sejawat juga dapat mempelajari serta memahami bagaimana seorang guru mengambil keputusan yang bijak melalui prinsip serta 9 langkah pengujian keputusan sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik bagi semua pihak terutama bagi murid.




PERASAAN (Feelings)

     Perasaan yang dialami saat menjalankan program AKSI NYATA ini adalah sangat termotivasi untuk menerapkan prinsip serta 9 langkah pengujian dalam mengambil keputusan. Selama ini saya kurang terorganisir dalam menentukan sebuah kebijakan untuk mengambil keputusan terutama yang berkaitan dengan profesi saya sebagai seorang guru. Namun setelah mempelajari modul 3.1 dan berlatih untuk mengimplementasikan bersama rekan guru sejawat alhamdulillah, sangat membantu saya untuk lebih bijak menentukan keputusan yang tentu keputusan terbaik bagi semua pihak dan dalam hal sebuah keputusan yang berpihak pada murid. Selain itu saya juga senang karena dapat berbagi hasil pembelajaran saya mengenai Prinsip Pengambilan Keputusan bersama rekan guru sejawat yang mengalami dilematis.


PEMBELAJARAN (Findings)


     Adapun pembelajaran yang saya dapat selama dan setelah menjalankan aksi nyata mengenai prinsip pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran yakni saya menjadi semakin sadar bahwasanya sangat penting bagi seorang guru untuk bijaksana dan teliti dalam menentukan sebuah keputusan apalagi keputusan tersebut berkaitan dengan murid. Sehingga diperlukan langkah yang tepat dalam mengambil keputusan yakni melalui prinsip serta 9 langkah pengujian dalam pengambilan keputusan. Jika selama ini perasaan dan kondisi serta mendominasi emosional seorang guru saat menentukan keputusan maka setelah mempelajari dan menerapkan aksi nyata modul 3.1, saya sangat setuju jika guru juga harus mempertimbangkan banyak hal sebelum menentukan sebuah keputusan khususnya bagi murid. Menurut saya juga rekan guru sejawat lainnya juga sangat penting untuk mengetahui materi pada modul ini, agar memiliki presepsi yang sama dalam mengambil keputusan yang berpihak pada murid.

PENERAPAN (Future)
     InshaAllah saya akan sering berlatih untuk menerapkan prinsip dan 9 langkah pengujian dalam mengambil keputusan terutama saat mengalami dilema etika dalam menjalankan profesi saya sebagai seorang. Selain saya pribadi, tentu secara perlahan saya akan berproses mengajak rekan guru lainnya untuk mempelajari dan menerapkan materi dari modul 3.1. Alhamdulillah langkah kolaborasi ini saya awali dengan salah salah satu rekan guru sejawat yang ada di sekolah, dan berikut ini adalah cuplikan video penerapan Prinsip dan 9 Langkah Pengujian dalam Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam Menghadapi Dilema Etika saat Pengolahan Nilai Rapor Akhir Tahun.




Demikianlah hasil resume Aksi Nyata saya, semoga berkah dan bermanfaat, salam guru penggerak😊


0 komentar:

Posting Komentar